tag:blogger.com,1999:blog-55789726917863000352024-03-08T13:19:40.673+07:00Silabus Sosiologi PendidikanAulia Rahmanhttp://www.blogger.com/profile/06157088435849515711noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-5578972691786300035.post-60605102159594267262010-04-18T21:41:00.001+07:002010-04-18T21:44:39.162+07:00Silabus Sosiologi PendidikanProgram Studi : Pendidikan Agama Islam<br />Kode Mata Kuliah : <br />Nama Mata Kuliah : Sosiologi Pendidikan <br />Jumlah SKS : Dua<br />Semester : II<br />Mata Kuliah Prasyarat : --- <br /><br /><br />Deskripsi Mata Kuliah :<br />Teori dan praktik pendidikan selain dibangun di atas landasan Ilmu Pendidikan, juga di bangun diatas landasan ilmu-ilmu lain, seperti Filsafat, Psikologi, dan Sosiologi. Jika Psikologi terfokus pada pengembangan individual peserta didik dan Filsafat terfokus pada hakekat pendidikan, hakekat peserta didik dan arah ke mana mereka akan dikembangkan, maka Sosiologi terfokus pada pengembangan sosial peserta didik, peran sosial lembaga pendidikan, dan pengaruh masyarakat dan sistem non-pendidikan terhadap lembaga pendidikan. Sosiologi yang memberikan landasan pada teori dan praktik pendidikan disebut dengan Sosiologi Pendidikan. Karena itu, calon guru Pendidikan Agama Islam, melalui Sosiologi Pendidikan, dibantu memperoleh bekal-bekal dasar yang terkait dengan pengembangan sosial peserta didik, peran sosial lembaga pendidikan, dan pengaruh masyarakat dan sistem non-pendidikan terhadap lembaga pendidikan. Mata kuliah ini bersama mata kuliah ISBD, Sosiologi Agama, KKN berperan membantu mahasiswa memiliki salah satu kompetensi utama lulusan program studi Pendidikan Agama Islam, yaitu memiliki pengetahuan dan ketrampilan berkehidupan bermasyarakat.<br /><br /><br />Standar Kompetensi<br />Mahasiswa dapat mendeskripsikan dan menganalisis proses pengembangan sosial peserta didik, peran sosial lembaga pendidikan, dan pengaruh masyarakat dan sistem non-pendidikan terhadap lembaga pendidikan, untuk keefektifan pemilikan pengetahuan dan ketrampilan berkehidupan bermasyarakat.<br /><br />Materi Pokok :<br /><br />Konsep sosiologi & sistem<br />Konsep sistem pendidikan (pen-dekatan masukan-proses-keluaran)<br />Posisi Sosdik dalam SPN<br />Kurikulum progdi PAI FAI UMS: mengenal tujuan institusional<br />Kompetensi Guru <br />Posisi Sosdik dalam kurikulum progdi PAI FAI UMS<br />Objek studi Sosdik: pengembangan sosial peserta didik, peran sosial lem-baga pendidikan (dan civitasnya), dan pengaruh ma-syarakat dan sistem non-pendidikan terhadap lembaga pendidikan <br />Metode mengkaji dan mengembang-kan Sosdik<br />Tujuan-tujuan Sosdik<br />Ciri pokok masya-rakat sekolah: kelompok sekunder (organisasi pendi-dikan formal), lengkap dengan in-group dan out-group feeling<br />Ciri-ciri struktur sosial sekolah: unsur personal, kedudukan dan peranannya, dan sekolah sebagai keseluruhan<br />Ciri-ciri kebuda-yaan sekolah: norma dan disiplin, pola kurikulum, pola pembelajaran, pola mobilitas, pola manajemen, pola interaksi guru-sis-wa, pola pakaian, pola bahasa, pola kegiatan/upacara<br />Pola-pola kepemimpinan kepala sekolah<br />Pola-pola hubungan antara guru-siswa<br />Pola-pola hubungan antara guru-karya-wan<br />Pola-pola hubungan antar sesama guru dan pengelompok-annya<br />Pola-pola hubungan antar sesama siswa dan pengelompok-annya<br />Peranan sekolah dalam sosialisasi (transmisi kebudayaan)<br />Peranan sekolah dalam integrasi sosial<br />Peranan sekolah dalam mobilitas sosial<br />Peranan sekolah dalam penyiapan tenaga kerja<br />Peranan sekolah dalam perubahan sosial (polekbud)<br />Peranan sosial guru dalam masyarakat<br />Pengaruh kebuda-yaan pada pendi-dikan<br />Pengaruh perubah-an sosial (ekonomi, budaya, politik) pada pendidikan<br />Pengaruh gelom-bang kekuatan peubah dunia pada pendidikan: demo-kratisasi, kemajuan iptek, dan globali-sasi<br />Pengaruh arah baru pedagogik terha-dap pendidikan<br /><br /><br />Referensi :<br /><br />Soerjono Soe-kanto, Sosiolo-gi: Ruang Ling-kup dan Aplika-sinya, 1985: 2, 32-40;<br />Ravik Karsidi, Sosiologi Pendidikan, 2008: 100-101;<br />S. Nasution, Sosiologi Pendidikan, 2004: 1-7;<br />Abu Ahmadi, Sosiologi Pendidikan, 2004: 5-14Aulia Rahmanhttp://www.blogger.com/profile/06157088435849515711noreply@blogger.com0